Posted by & filed under Berita Terkini.

Donor Darah KSRDonor Darah KSR

UP2TI-mipa.undip.ac.id Unit Kegiatan Mahasiwa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Diponegoro Semarang (Voluntary Corps Diponegoro University) atau yang lebih dikenal dengan nama KSR Undip merupakan organisasi mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan pertolongan pertama.

 

Kamis, 29 September 2011, mengikuti agenda bulanan, KADO (Keluarga Donor Darah) KSR UNDIP sekali lagi mengadakan donor darah bulanan. Kali ini mahasiswa MIPA yang menjadi target divisi yang mengurusi perihal darah ini. Dengan dimotori oleh anggota-anggota yang bergerak di dalamnya, KADO beraksi menggaet mahasiswa-mahasiswi MIPA dari kandang mereka untuk menyumbangkan setetes darah mereka. Sebelumnya rencana kegiatan ini ditujukan ke masjid kampus UNDIP yang terletak di jalan Prof. Sudharto, tetapi karena terdapatnya halangan dan keterbatasan, MIPA-lah yang ternyata selanjutnya dipilih untuk lokasi donor darah.

 

Dibandingkan dengan beberapa minggu yang lalu, selama KADO melakukan kegiatan donor darah rutin ini, pendonor di MIPA-lah yang terbanyak dibandingkan dengan jurusan lain, kata sang ketua panitia. Sebelum di MIPA, KADO melakukan kegiatan donor darah untuk mahasiswa FKM, Teknik Kimia, dan lain-lain. Di jurusan-jurusan sebelumnya pendonor hanya berkisar 50-55 orang, tetapi di MIPA mengalami kelonjakan pendonor yaitu sampai kira-kira 83 orang, sehingga pihak PMI agak kewalahan melayani para pendonor dikarenakan stok yang disediakan hanya untuk 50 orang.

 

Sang ketua panitia terkejut saat melihat pendonor yang berjumlah banyak dibandingkan sebelumnya. “Padahal baru malam Rabu kami nyebar pamflet, walaupun cuma publikasi H-2, peminat banyak sekali”, ujar ketua panitia dengan mimik muka riang.

 

Adapun syarat-syarat yang disebutkan oleh ketua panitia kegiatan ini, seperti berat badan minimal 45 kg, tekanan darah harus di atas batas yang ditentukan, bagi wanita sedang tidak dalam masa haid, dan minimal melakukan donor darah setelah 3 bulan. Terdapat 5 tenaga dari dari PMI, dan PMI hanya mencari pendonor yang memiliki golongan darah dengan stok sedikit di pusat. Seperti yang dikatakan oleh ketua panitia, pendonor dengan golongan darah AB tidak sebaiknya mendonorkan darahnya, karena stok golongan darah AB sudah banyak tersedia di pusat sedangkan ada golongan darah lain yang lebih dibutuhkan.

 

Tampak keriangan dari panitia, tenaga PMI, dan pendonor ketika mengantri giliran donor. Walau beberapa pendonor baru tampak sedikit ketakutan melihat jarum donor. Kegiatan ini berlangsung lancar, dari pukul 10.00 WIB sampai 13.00 WIB bertempat di gedung dekanat Fakultas MIPA lantai 1.