Posted by & filed under Berita Terkini.

UP2TI-mipa.undip.ac.idOlimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) Pertamina 2011 secara resmi dibuka pada Selasa, 27/9. Undip sebagai salah satu tempat pelaksanaan seleksi tingkat propinsi dilaksanakan di gedung Prof Sudharto kampus Undip Tembalang, Semarang. acara Dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Muhammad Nur DEA.

OSN-PTI merupakan ajang paling bergengsi untuk uji kemampuan mahasiswa dalam bidang sains untuk mahasiswa Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta di 33 propinsi di seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp. 3.2 miliar sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam bidang pendidikan. Bidang-bidang yang di perlombakan pada ini yaitu Matematika, Fisika, Kimia dengan bidang Biologi yang tahun ini ikut di perlombakan.

sementara itu Dr. Muhammad Nur DEA dalam pidato pengantar menyampaikan dalam sambutannya bahwa “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara institusi pendidikan, industri serta peneliti yang dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan diri sehingga akan membantu tercapainya sumber daya manusia yang  unggul” ujarnya.

General Manager Fuel Retail Marketing Region IV, Rifky E. Hardijanto menyampaikan bahwa” melalui partisipasi dalam OSN Pertamina ini, acara ini dengan acara ini diharapkan generasi muda Indonesia, tidak pernah merasa pesimistis terhadap masa depan, namun sebaliknya, kita harus optimistis dan terus berusaha untuk mengukir prestasi yang membanggakan baik bagi diri kita, lingkungan sekitar bahkan untuk kepentingan bangsa kita”.

OSN-PTI 2011 di wilayah Provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan dari jumlah peserta. Di Jawa Tengah sendiri tahun lalu tercatat 396 peserta ikut andil dalam OSN-PTI sementara tahun ini di ikuti sebanyak 518 peserta yang mendaftar namun yang hadir pada saat seleksi tercatat masing masing bidang adalah Biologi 113 orang Kimia 66 orang, Fisika 80 orang, Matematika 130 orang dan totalnya adalah 399 orang.

Ketua penyelenggara OSN-PTI 2011, Dr. Endang Kusdiyantini menyampaiakan bahwa peserta yang berhasil melewati babak penyisihan pada babak ini akan di umumkan pada 1 oktober 2011, setelah itu akan di uji kembali kemampuannya pada babak final tingkat propinsi pada 7 oktober 2011. Sehingga akan tersaring 9 peserta terbaik dari masing-masing bidang ditingkat propinsi dan mereka di uji kembali untuk menentukan juara 1,2 dan 3. Juara 1 di tingkat propinsi nantinya akan dikirim bertanding di tingkat nasional di Jakarta pada tanggal 1-4 November 2011.