Posted by & filed under Berita Terkini.

OSN-Pertamina “Mencetak generasi berprestasi, cerdas bersama Pertamina”


Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-PERTAMINA) 2011 adalah program yang memiliki potensi dan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya. OSN-PERTAMINA 2011 yang diprakarsai oleh Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap pendidikan di Indonesia melalui program corporate social responsibility (CSR).

 

Sebanyak 16.478 mahasiswa seluruh Indonesia bersaing mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar oleh Pertamina di Balairung Universitas Indonesia (UI). Para mahasiswa berasal dari kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di 33 provinsi se-Nusantara.

 

Peserta OSN-Pertamina 2011 setelah mengikuti seleksi Provinsi tahap 1, akan diambil 9 peserta masing-masing bidang, 9 peserta terbaik mengikuti ujian Tulis Essay yang akan digunakan untuk mementukan 3 peserta terbaik. 3 peserta terbaik masing-masing bidang akan mempresentasikan pemecahan masalah soal open ended. Masing-masing juara 1 akan dikirim ke Jakarta untuk melanjutkan perjuangan pada tingkat nasional.

 

Ujian tulis essay ini dilakukan di FMIPA UNDIP dengan jumlah peserta 36 orang dan beberapa juri dari beberapa universitas yang ada di Jawa Tengah. Universitas yang bergabung adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Jenderal Soedirman (UNSOED), dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

 

Terdapat 3 peserta dari masing-masing bidang tersebut yang telah dipilih, mempresentasikan pemecahan masalah soal open ended, dan selanjutnya dipilih juara 1, 2, dan 3. Sebelum menyampaikan pengumuman para juara, Endang S. selaku ketua panitia tingkat Provinsi Jawa Tengah, membuka acara puncak tersebut. “Kita semua di sini adalah juara tetapi hanya satu yang memiliki kesempatan lebih jauh lagi,” ujar beliau dengan memberikan motivasi kepada para seluruh peserta. Lalu beliau pun berharap para juara dapat mempersiapkan diri agar supaya daya saing menjadi tinggi pada saat melanjutkan perjuangan mereka di Jakarta nantinya.

 

Sejalan dengan pembukaan acara yang disampaikan oleh Endang S., Agus Subagyo yang menjabat sebagai Pembantu Dekan 1 dan di sini mewakili dekan untuk memberikan sedikit sambutan, “Anda adalah talenta-talenta yang akan menggantikan generasi-generasi di masa depan dan terlihat wajah-wajah optimis yang akan menggelora di tingkat nasional nanti. Kegiatan ini merupakan motivator yang mendorong diri masing-masing untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri.”

 

Pada akhir acara disebutkan posisi juara yang diperoleh oleh 3 peserta masing-masing bidang tersebut :

Matematika Fisika

Juara 1 : Puspa Novita Sari (UNDIP)

Juara 1 : Ibnu Fauzan Al Aula (UNDIP)
Juara 2 : Eri Badriyah (UNDIP) Juara 2 : Zuhdi Ismail (UNS)
Juara 3 : Bahtera M Adi (UNNES) Juara 3 : Muh Yasin (UNDIP)
   
Kimia Biologi
Juara 1 : Christian Ardiyanto (UNSOED) Juara 1 : Andreas Binar Aji (UKSW)
Juara 2 : Rinandar Muslimin (UNNES) Juara 2 : Retno Asih (UNNES)
Juara 3 : Amar Hidayat (UNDIP) Juara 3 : Ahmad Qi Sahlan (UNDIP)


Hadiah :

Juara 1 : Rp. 6.500.000

Juara 2 : Rp. 4.500.000

Juara 3 : Rp. 2.500.000

 

 Peserta OSN-Pertamina (Jawa Tengah)