Posted by & filed under Berita Terkini.

Kementrian Keuangan menyadari bahwa peran sumber daya manusia (human capital) dalam percaturan ekonomi global semakin strategis. Dalam knowledge-based economy peran human capital dapat menentukan keberhasilan suatu organisasi, termasuk di dalamnya organisasi birokrasi. Kementrian telah melaksanakan Reformasi Birokrasi sejak tahun 2007 yang salah satu pilarnya adalah peningkatan kualitas manajemen sumber daya manusia, dengan penekanan pada peningkatan sumber daya aparatur pengelola birokrasi. Bagi Kementerian Keuangan, universitas adalah mitra strategis dalam menyediakan sumber daya manusia yang berkompetensi dan berintegrasi tinggi.

 

Oleh karena itu, Kementrian Keuangan berencana akan melaksanakan penelitian dengan judul “Penelitian Persepsi Calon Pelamar Kerja (Talent) Terhadap Tempat Kerja Ideal” Studi Kasus pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas di Indonesia, di mana salah satunya dipilihnya Universitas Diponegoro sebagai salah satu objek penelitian.

 

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa pentingnya mengetahui minat yang menjadi latar belakang dari pencari kerja dalam pilihan kariernya, dan untuk mengetahui positioning Kementrian Keuangan sebagai tujuan/pilihan berkarier para pencari kerja tersebut, dibandingkan dengan perusahaan/badan/kementrian/lembaga lainnya di Indonesia.

 

Objek penelitian(responden): mahasiswa tingkat akhir Fakultas MIPA Universitas Diponegoro.

Responden dapat melakukan pendaftaran di jurusan atau prodi masing-masing dan dibatasi hanya 10 responden tiap jurusan atau prodi.

Waktu rencana pelaksanaan penelitian untuk Fakultas MIPA Universitas Diponegoro: 20-22 November 2011.