Posted by & filed under Berita Terkini.

Tim Katastropik Purba menemukan fakta mengagetkan sehubungan dengan misteri piramida Garut, Jawa Barat. Dari hasil penelitian intensif dan uji karbon dipastikan bahwa umur bangunan yang terpendam dalam gunung wilayah Garut lebih tua dari Piramida Giza yang berada di Mesir. Gunung di Garut, Jawa Barat itu bernama Sadahurip. Namun, ada juga orang yang menyebutnya dengan Gunung Putri, Gunung Leutik, atau Gunung Cinta. Masyarakat lokal bahkan punya sebutan sendiri: gunung keramat. Sekadar catatan, Piramida Giza selama ini dikenal sebagai piramida tertua dan terbesar dari 3 piramida yang ada di Nekropolis Giza. Piramida ini diyakini sebagai makam Firaun, Dinasti keempat Mesir, Khufu, yang dibangun selama lebih dari 20 tahun pada kurun waktu sekitar tahun 2560 sebelum Masehi.
Tim menyatakan bangunan diduga piramida bukan hanya di dalam Gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat. Akan tetapi bangunan yang diduga kuat piramida juga ditemukan di tiga gunung lain di Garut. Tiga piramida ini terpendam di dalam Gunung Putri, Gunung Kaledong dan Haruman, Garut. Selain di tiga gunung itu, Tim juga melakukan penelitian di Gunung Padang, Cianjur, di mana batu-batu megalitikum tersebar luas di kawasan sehektare lebih. Melalui tes geolistrik, Tim menyimpulkan di situs Gunung Padang yang juga disebut sebagai peninggalan megalitikum terbesar di Asia Tenggara itu terdapat struktur punden berundak yang mirip piramida. Tim berpendapat, jika temuan ini bisa diafirmasi, maka bukan hanya menggugurkan teori di Indonesia tapi juga berpotensi tingkat dunia, bahwa masa prasejarah adalah masa terbelakang dan tak mengenal teknologi.
 Jika penemuan ini memang benar, maka akan menjadi suatu kajian yang menarik dan kalangan akademis harus berperan akatif dalam menguak fenomena “Piramida Garut”. Kajian – kajian ilmiah diperlukan untuk memperkuat penemuan tersebut dan merupakan tantangan bagi peneliti serta akademisi di Indonesia. Mungkin Fakultas MIPA Undip dapat berperan, seperti halnya dalam menguak fenomena “Crop Circle” yang telah berhasil menjawab secara ilmiah tentang fenomena tersebut.

Sumber berita : http://nasional.vivanews.com/news/read/265942-piramida-garut-lebih-tua-dari-piramida-mesir