Posted by & filed under Berita Terkini.

fsm.undip.ac.id. portal Repository Undipmeraih peringkat terbaik kedua di Indonesia dan ranking 25 dunia sebagaimana dilansir di websiteWebometrics for Repository baru-baru ini. 

Hal itu disampaikan Staf Ahli Pembantu Rektor IV Universitas Diponegoro Semarang Dr. I. Istadi kepada detikcom, Senin (18/2/2013). 

Lebih dari 1500 portal repository di dunia dinilai setiap 6 bulan sekali oleh lembaga ini. Pemeringkatan Webometrics for Repository ini bertujuan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen perguruan tinggi untuk mempublikasikan pengetahuan dan karya-karya ilmiahnya ke seluruh dunia secara terbuka (fulltext open access). 

“Yang lebih penting lagi dari sistem pemeringkatan ini adalah dampak dari portal tersebut untuk mengukur seberapa besar manfaatnya di mata masyarakat dunia,” ujar Dr. Istadi. 

Menurut Dr. Istadi, peningkatan ranking Repository Undip ini menunjukkan betapa besar komitmen Undip untuk berbagi karya-karya ilmiahnya sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat sedunia. 

Dikatakan, pada dasarnya ada dua sistem pemeringkatan untuk repositori di Webometrics, yaitu Top Institutional Repository dan Top Repository. Top Institutional Repository merupakan pemeringkatan institusi yang memiliki repositori, sedangkan Top Repository merupakan pemeringkatan repositori itu sendiri (karena satu institusi bisa jadi memiliki dua repositori). 

Hasilnya, Repository Undip meraih ranking 25 tingkat dunia dan terbaik kedua nasional Indonesia untuk kategori Top Institutional Repository. Sedangkan untuk kategori Top Repository, Undip meraih ranking 32 dunia dan terbaik kedua nasional Indonesia. 

“Ini berarti ranking repositori institusi Undip kembali meningkat secara signifikan yang semula ranking 4 nasional pada Juli tahun lalu naik menjadi ranking 2 nasional,” demikian Dr. Istadi. 

Sementara itu untuk pemeringkatan Top 10 Institutional Repository Webometrics tingkat nasional Indonesia adalah (dari ranking tertinggi ke rendah): ITS (19), Undip (25), IPB (49), UMS (50), Universitas Gunadarma (64), Unand (157), UNY (227), UPN Veteran Jatim (345), UIN Sunan Kalijaga (357), dan UMM (363). 

Sedangkan untuk pemeringkatan Top 10 Repository Webometrics tingkat nasional Indonesia adalah (dari ranking tertinggi ke rendah): ITS (26), Undip (32), IPB (57), UMS (60), Universitas Gunadarma (73), Unand (188), UB (238), UNY (239), UPN Veteran Jatim (363), dan UIN Sunan Kalijaga (364).
(es/es)