Posted by & filed under Berita Terkini.

Sesuai dengan Program Utama Kementerian Riset dan Teknologi yaitu Penguatan Sistem Inovasi Nasional dan program nasional Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Deputi Bidang Kelembagaan Iptek turut mendukung program-program tersebut melalui Penguatan Kelembagaan Iptek terutama dengan Pengembangan Pusat Unggulan Iptek. Pusat Unggulan Iptek yang dikembangkan Kementerian Riset dan Teknologi diarahkan untuk memperkuat lembaga litbang/pengembang teknologi (Perguruan Tinggi (PT), Lembaga Pemerintah Kementerian (LPK), Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Badan Usaha) agar mampu menghasilkan inovasi teknologi berbasis demand driven dalam rangka mendukung peningkatan daya saing pengguna teknologi (dunia usaha, Industri Kecil dan Menengah (IKM), pemerintah, dan masyarakat).

Pelaksaan seleksi lembaga litbang yang akan dikembangkan menjadi Pusat Unggulan Iptek pada tahun 2013 akan dilakukan dengan metode semi top-down berbasis koridor ekonomi dan terbuka secara nasional. Sedangkan tema riset untuk pengembangan Pusat Unggulan Iptek pada tahun 2013 adalah 7 Bidang Fokus Pembangunan Iptek pada RPJMN 2010-2014, 22 kegiatan ekonomi utama dan 1-747 inisiatif inovatif pada MP3EI, dan/atau Direktif Pimpinan Nasional.

Untuk memahami tentang konsepsi Pusat Unggulan (Center of Excellence), bersama ini disertakan Buku Pedoman Insentif Pengembangan Pusat Unggulan Iptek tahun 2013. Bagi lembaga yang berminat untuk mengembangan lembaganya menjadi Pusat Unggulan Iptek dapat mengunduh buku pedoman beserta borang isian lembaga pada web ristek (www.ristek.go.id) dan mengajukannya sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang berlaku. Adapun batas waktu pengiriman proposal dan isian borang yaitu pada tanggal 31 Mei 2013 (cap pos)