Posted by & filed under Berita Terkini.

UNDIP JUARA 2 DALAM LOMBA KARYA ILMIAH

NASIONAL (LKIN) di UNIVERSITAS TANJUNGPURA

PONTIANAK

 

Undip berhasil menyabet juara ke-2 dalam Lomba Karya Ilmiah Nasional (LKIN) yang bertemakan “Extraordinary Project of New&Renewable Energy 2013 “From Competition to Expedition” Kalbar Future Energy Expo 2013″ diadakan oleh Universitas Tanjungpura,Pontianak, Kalbar, 16-19 mei 2013.

Tema kegiatan lomba karya ilmiah ini memusatkan pada tema “Bioenergy New and Renewable Product”. Kontingen Undip diwakili oleh Mashud Kholifatur Rochman (kimia'09) dan Rizky Panji Nugroho (biologi'09), Keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2009 yang berasal dari 1 fakultas yaitu fakultas sains dan matematika mengangkat tema Microbial Fuell Cell dalam penulisan karya ilmiahnya.

Mashud selaku ketua tim undip menceritakan latar belakang penulisan karya ilmiah ini terinspirasi oleh mata kuliah pilihan yang pernah saya ambil tentang baterai dan sel bahan bakar yang diajar oleh bapak WH Rahmanto M.Si, bapak Rahmad Nuryanto M.Si dan Ibu Linda Suyati M.Si, menurut beliau sel bahan bakar di Indonesia sangat jarang dikembangkan dan bahkan diaplikasikan dalam bidang energy di Indonesia”.

“Ide tersebut akhirnya saya realisasikan untuk kami ikut sertakan dalam LKIN nasional ini, dibantu oleh panji (biologi'09) dan ibu Linda Suyati M.Si selaku pembimbing yang akhirnya mampu menghasilkan karya yang mampu menembus 10 besar dan juara ke-2 LKIN Untan” tutur Mashud.

Rizky Panji Nugroho yang akrab dipanggil Panji menambahkan, “Awalnya kami tidak percaya bisa menembus 10 besar apalagi mampu juara k-2 karena hasil karya kami yang sederhana ini, namun ternyata mungkin sudah rizki kami bisamenembus juara 2 di kompetisi ini”.

Lomba karya ilmiah nasional ini adalah lomba yang sangat bergengsi dikarenakan hadiah utama yang ditawarkan sungguh luar biasa. Juara pertama akan mendapatkan tiket gratis ekspedisi ke 5 negara yaitu Malaysia, Kamboja, Vietnam, China, Laos dan Thailand. Sedangkan juara kedua dan ketiga berturut turut akan mendapatkan hadiah utama berupa uang pembinaan sebesar 7 juta dan 5 juta. Dari 38 peserta yang mengikuti seleksi tahap pertama dengan mengirimkan soft karya ilmiahnya, diambilah 10 besar karya ilmiah terbaik yang akan mewakili universitasnya berlomba merebutkan juara 1,2, dan 3 di Univertias Tanjungpura, Pontianak, Kalbar.

“Sungguh kehormatan yang luar biasa kami dapat menjuarai kompetisi yang sangat bergengsi ini apalagi hadiah langsung diserahkan oleh Bapak Dahlan Iskan. Disela sela sambutannya Mentri BUMN ini mengatakan menyambut baik hasil karya finalis dan akan menindaklanjuti penelitian dari para finalis” kenang Mashud

“Harapan kedepan kompetisi seperti ini bisa diikuti dengan semangat dan antusias yang luar biasa oleh adik-adik kami berikutnya dan semoga bisa juara serta yang paling penting membawa nama baik almamater kita Universitas Diponegoro” tutur mashud & panji.