Posted by & filed under Berita Terkini.

fsm.undip.ac.id Senin, 16 September 2013 APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer) dan KEMHAN (Kementrian Pertahanan) mengadakan suatu pertemuan yang bertajuk Forum Group Discussion Standarisasi Keamanan Informasi Pertahanan Siber Nasional yang bertujuan untuk “mewujudkan pembangunan kemampuan nasional cyber defense dengan pembentukan forum bersama pertahanan siber nasional”. Pertemuan ini dihadiri oleh pejabat-pejabat dari APTIKOM, KEMHAN, Kodam, komunitas siber dan wakil dari perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah seperti Undip, Unisula, Udinus, UKSW, STMIK ProVisi dan lainnya.

“Ancaman dari dunia cyber/maya saat ini sudah menjadi nyata yang berpengaruh pada keamanan informasi siber nasional,” sepatah kata dari Dirjen Potensi Pertahanan yang diwakili oleh Sekjen Potensi Pertahanan dalam sambutan beliau.

Materi-materi yang disampaikan dalam pertemuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengembangan kemampuan nasional cyber defense  yang dipaparkan oleh Letkol Bagus Artadi.
  • Mewujudkan forum bersama pertahanan siber nasional guna kepentingan pertahanan negara yang dipaparkan oleh ketua APTIKOM, Drs. Eko Adi Sarwoko, M.Kom ( Dosen Jurusan Informatika/Ilmu Komputer Universitas Diponegoro ).

Pertemuan ini tidak hanya sekali diadakan, selanjutnya akan ada pertemuan lagi untuk membicarakan kembali langkah-langkah yang akan dibentuk untuk peningkatan keamanan siber nasional.

 

DSCN0458

 

 

DSCN0477

 

 

DSCN0500