Posted by & filed under Berita Terkini.

Sesuai dengan surat dari the Ministry for Economic Affairs and Development, Jepang dan juga hasil diskusi Kementrian Riset dan Teknologi dengan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, bahwa program Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS) untuk tahun 2013-2014 telah dibuka kembali.

Program SATREPS adalah dana hibah dari Jepang yang disalurkan Jepang melalui 1)The Ministry of Foreign Affairs in Japan (MOFA), Japan International Cooperation Agency (JICA); 2)Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology in Japan (MEXT), dan 3)Japan Science and Technology Agency (JST) bekerjasama dalam rangka meningkatkan kerjasama penelitian di bidang iptek antara para peneliti Jepang dan Indonesia guna menanggulangi isu-isu global.

Adapun persyaratan untuk memperoleh kerjasama riset program ini adalah sebagai berikut:

1. Applicant berasal dari lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah seperti Lembaga Pemerintah Non Kementrian (LPNK), Lembaga Pemerintah Kementrian (LPK), Perguruan Tinggi, dan Laboratorium.

2. Harus mempunyai mitra kerja lembaga litbang di Jepang. Proposal yang tidak ada mitra institusi litbang Jepang tidak akan diproses lebih lanjut

3. Menyusun proposal bersama dengan bidang fokus yang telah ditentukan yaitu: Environment/Energy, Natural Disaster Prevention, Infectious Diseases Control, dan Bioresources

4. Diutamakan kerjasama riset yang sedang berjalan, dan lamanya penelitian adalah 3-5 tahun

5. Diutamakan proposal yang disampaikan berupa kerjasama riset yang merupakan konsorsium riset dengan melibatkan beberapa lembaga riset di Indonesia (dalam negeri)

6.  Menyampaikan proposal berupa softcopy dan hardcopy (sejumlah 5 eskslempar) kepada Kementrian Riset dan Teknologi paling lambat tanggal 16 Oktober 2013, pukul 15.00 WIB, dengan alamat:

Asisten Deputi Jaringan Iptek Internasional

Kementrian Riset dan Teknologi

Gedung 2 BPPT, Lantai 7

Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta 10340

7. Konfirmasi lebih lanjut dapat dihubungi pada hari dan jam kerja: Sdr. Tiomega Gultom, email mega@ristek.go.id dan Sdr. Dinny Afifi Elfinur, email dinnyafifi@ristek.go.id, tlp (021) 316 9234, fax. (021) 319 23902

Untuk keterangan selanjutnya dapat membuka halaman website http://www.ristek.go.id pada tanggal 16 September 2013 di bagian (ikon) pengumuman lengkap dengan Guidance dan  Application Form.