Posted by & filed under Berita Terkini.

Berikut Info lomba dan serangkaian acara Undip Science Fair (USF) 2013 sebagai salah satu event dalam rangka memeriahkan Dies Natalis FSM ke 25 (lustrum ke 5 FSM) :

1. PHOTOGRAPHY CONTEST

PHOTOGRAPHY CONTEST

 

Syarat – syarat umum :

Lomba ini terbuka untuk seluruh mahasiswa aktif UNDIP

  • Pendaftaran mulai 7 September 2013.
  • Panitia dan juri tidak dibolehkan mengikuti lomba.
  • 100 peserta pertama akan diberi penghargaan berupa sertifikat lomba foto.
  • Peserta diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang dapat didownload diwww.undipsciencefair.ac.id .Pendaftaran dapat dilakukan secara online via email atau melakukan pendaftaran secara langsung ke sekretariat pendaftaran BEM FSM Undip Gedung E Lantai 1 Fakultas Sains dan Matematika.
  • Penyerahan foto yang akan dilombakan dimulai tanggal 7 September 2013.
  • Penyerahan foto yang akan dilombakan dapat dilakukan melalui email: undipsciencefair@gmail.com  atau diserahkan secara langsung dalam bentuk cd/dvd ke sekretariat pendaftaran BEM FSM Undip Gedung E Lantai 1 Fakultas Sains dan Matematika dan dilampirkan foto copy atau scan KTM dan mengisi form pendaftaran.
  • Membayar biaya registrasi Rp 30.000,- melalui rekening Mandiri atas nama AmirudinKCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 136-00-014195-10 atau BNI 46 atas nama Anisa Nurina, KCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 0258198881 atau BTN atas nama Andhica Surya Anggara dengan Nomor Rekening 00175-01-61-013897-1 atau langsung datang ke sekretariat BEM FSM UNDIP.
  • Foto tidak mengandung unsur sara dan pornografi, pornoaksi.
  • Foto merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dilombakan atau dipublikasikan di media manapun.
  • Foto merupakan hasil pemotretan terbaru rentang waktu tanggal 7 September – 12 Oktober 2013.

Syarat – syarat teknis :

  • Peserta hanya dapat mengirimkan 1 buah foto.
  • File foto dinamai dengan:  nama peserta_judul foto_no telepon.
  • Contoh nama file foto: kunta_perjuangan rakyat_081222xxxx.
  • Format foto berupa jpeg.
  • Ukuran foto sisi terpanjang 1024 pixel, resolusi 300 dpi, ukuran maxsimal 1mb.
  • Editing foto hanya diperbolehkan sebatas burning dodging (terang-gelap) dan cropping.
  • Tidak diperbolehkan menggunakan watermark pada foto.
  • Peserta tidak diperbolehkan melakukan digital imaging.
  • Panitia berhak sepenuhnya melakukan publikasi/promosi atas foto-foto lomba beserta softcopy termasuk objek dalam foto atau penggunaan model untuk keperluan publikasi dan promosi.
  • Panitia tidak bertanggung jawab atas objek dalam foto atau penggunaan model dari foto yang dilombakan.
  • Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Panitia tidak akan melayani segala bentuk korespodensi dalam bentuk apapun dengan peserta perihal hasil keputusan juri.
  • Pengumuman pemenang lomba 14 Oktober 2013 di website www.undipsciencefair.org atauwww.bem.fsm.undip.ac.id
  • Penyerahan hadiah dan piala secara langsung akan diberikan oleh Dekan Fakultas Sains dan Matematika pada acara puncak peringatan hari jadi Fakultas Sains dan Matematika tanggal 25 November 2013.

Kriteria Penilaian

  • Mutu Teknis.
  • Estetika.
  • Keunikan Lokasi dan Budaya.
  • Tingkat Kesulitan.

 

2. GRAPHIC DESIGN CONTEST

GRAPHICS DESIGN CONTEST

 

Persyaratan Peserta :

  1. Lomba ini terbuka untuk mahasiswa Undip.
  2. Pendaftaran mulai 7 September 2013.
  3. Panitia dan juri tidak dibolehkan mengikuti lomba.
  4. Peserta diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang dapat didownload diwww.undipsciencefair.org Pendaftaran dapat dilakukan secara online via email atau melakukan pendaftaran secara langsung ke sekretariat pendaftaran BEM FSM Undip Gedung E Lantai 1 Fakultas Sains dan Matematika.
  5. Penyerahan desain yang akan dilombakan dimulai tangga 7 September 2013.
  6. Penyerahan desain yang akan dilombakan dapat dilakukan melalui email : undipsciencefair@gmail.com  berupa masteran dan jpeg atau diserahkan secara langsung dalam bentuk cd/dvd ke sekretariat pendaftaran BEM FSM Undip Gedung E Lantai 1 Fakultas Sains dan Matematika dilampirkan scan atau fotocopy KTM.
  7. Tiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 karya.
  8. Membayar biaya registrasi Rp 30.000,- untuk setiap karya melalui rekening Mandiri atas nama Amirudin,KCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 136-00-014195-10 atau BNI 46 atas nama Anisa Nurina,KCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 0258198881 atau BTN atas nama Andhica Surya Anggara dengan Nomor Rekening 00175-01-61-013897-1.

Syarat – syarat Umum :

  1. Desain skala 1:1 (100%), warna bebas dengan resolusi gambar minimal 1024 x 768 maksimal 1900 x 1900 pixel (boleh Portrait / Landscape).
  2. Disain diberi deskripsi (makna) secara singkat, ditulis di MS word A4, memakai huruf Times New Roman,  spasi 1,5 dan maksimal 4 halaman.
  3. Karya desain grafis tidak mengandung unsur sara atau pornografi.
  4. Desain merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun serta belum pernah dipublikasikan dalam media apapun.
  5. Menggunakan program corel draw x5 dan photoshop cs4.
  6. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan).
  7. Apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini, karya akan dianulir dan/atau dibatalkan
  8. Pengumuman pemenang lomba pada tanggal 14 Oktober 2013 di website www.undipsciencefair.org ataubem.fsm.undip.ac.id
  9. Penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan langsung diberikan oleh Dekan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) pada malam puncak Undip Science Fair 2013, 25 November 2013.

 

3. LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

 

Persyaratan Peserta :

  1. Kompetisi ini terbuka bagi mahasiswa S1 atau Diploma perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan masih berstatus  mahasiswa aktif (dibuktikan dengan KTM).
  2. Setiap tim terdiri dari 3-4 orang mahasiswa (boleh dari disiplin ilmu yang berbeda) dari universitas yang sama, dimana salah satu anggota Tim merupakan mahasiswa dari fakultas/bidang sains.
  3. Setiap Tim dipandu boleh dipandu oleh satu dosen pembimbing dari Universitas yang sama (tidak diwajibkan memiliki dosen pembimbing).
  4. Satu tim hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya (Ketua Tim berbeda).
  5. Setiap mahasiswa diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 karya dalam tim yang berbeda.
  6. Tulisan yang dikirimkan harus asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Proses Pengiriman dan Proses Seleksi Karya Tulis :

1.   Proses Pengumpulan Abstrak

  • Setiap Tim mengirimkan abstrak karya tulis dengan Bahasa Indonesia (dilengkapi halaman biodata tim) yang dikirim ke alamat email lktiusf@gmail.com maksimal tanggal 10 Oktober 2013 (GRATIS).
  • Peserta yang mengirimkan Abstrak melalui  e-mail  harus memberikan konfirmasi ke panitia melalui sms, dengan  format sebagai berikut: LKTI_Nama PT_Nama Depan Ketua (CP : Yunisa 085643846347).
  • Tim yang lolos seleksi abstrak di umumkan pada tanggal 20 Oktober 2013.

2. Proses Pengumpulan Karya Tulis (Lolos Seleksi Abstrak)

  • Pengiriman Karya Tulis  Ilmiah disertai dengan formulir pendaftaran dan  surat pernyataan  orisinalitas (format terlampir).
  • Softcopy  dikirim dengan format  .pdf  melalui email lktiusf@gmail.com  dengan format ->  Nama Ketua Tim_Asal Perguruan Tinggi_Judul. 
  • Peserta yang mengirimkan karya tulis melalui  e-mail  harus memberikan konfirmasi ke panitia melalui sms, dengan  format sebagai berikut: LKTI_Nama PT_Nama Depan Ketua.
  •  Contact Person Panitia : Yunisa (085643846347)
  •  Pengiriman naskah disertakan dokumen :

a.       Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota 1 buah.

b.      Scan/foto bukti pembayaran pendaftaran.

  • Karya adalah karya sendiri/orisinil,  belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun, belum pernah diikutsertakan dan dipresentasikan dalam perlombaan sejenis,  (disertai pernyataan tertulis dalam surat pernyataan dengan disertai materai Rp 6.000,-
  • Tim yang lolos seleksi abstrak membayar biaya registrasi ulang sebesar Rp. 100.000,-/naskah dikirim melalui rekening Bank Mandiri nomor Rekening : Mandiri atas nama AmirudinKCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 136-00-014195-10 atau BNI 46 atas nama Anisa Nurina, KCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 0258198881 atau BTN atas nama Andhica Surya Anggara dengan Nomor Rekening00175-01-61-013897-1
  • Karya tulis dan pembayaran sudah diterima panitia paling lambat (deadline) 3 November pukul 23.59 WIB.
  • Melakukan konfirmasi pembayaran dengan format : Nama Ketua_Judul_Asal Universitas ke panita.

3.  Proses Seleksi Karya Tulis

  • Seleksi dan penilaian dilaksanakan secara berjenjang yaitu babak seleksi abstrak, kualifikasi (desk evaluation) dan babak final melalui proses : Seleksi kelengkapan administrasi..
  • Seluruh karya tulis yang terdaftar sesuai persyaratan yang ditentukan oleh dewan juri.
  • (Lima belas) tim finalis terpilih wajib mempresentasikan karyanya untuk menentukan juara I, II, dan III yang secara langsung akan ditentukan oleh ketiga dewan juri..
  • Pengumuman Finalis LKTI yang berjumlah 15 tim akan disampaikan oleh panitia pada tanggal 16 November 2013  melalui telepon, email, dan dipublikasikan di blog atau website USF FSM Undip
  • Presentasi, pengumuman dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada tanggal 23 -24 November 2013.
  • Panitia tidak menerima surat menyurat dalam proses seleksi. Namun, menerima pertanyaan yang mungkin diperlukan. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat (bersifat mutlak).

 

4. FUTSAL COMPETITION

FUTSAL COMPETITION

 

Pendaftaran :

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 7 September – 31 Oktober 2013.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online di undipsciencefair.org dan membayar registrasi peserta ke no rekening Mandiri atas nama AmirudinKCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 136-00-014195-10 atau BNI 46 atas nama Anisa Nurina, KCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 0258198881atau BTN atas nama Andhica Surya Anggara dengan Nomor Rekening 00175-01-61-013897-1.
  3. Setelah melakukan pendaftaran via online dan membayar registrasi, peserta diharapkan memberitahukan panitia dengan cara mengetik sms : Ketik: NAMA (spasi) UNIVERSITAS (spasi) JENIS PERLOMBAAN (spasi) REKENING PESERTA, kirim ke Izzad telepon (085727699430).
  4. Technical Meeting dilaksanakan pada pada tanggal 11 dan 12 November 2013.

Persyaratan Peserta :

Peserta Futsal Competition 2013 adalah Mahasiswa se-Jateng dan DIY

  1. Pemain adalah mahasiswa aktif maksimal angkatan 2010.
  2. Pemain hanya boleh membela 1 tim.
  3. Pemain harus memakai kostum sepakbola (bernomor punggung), bercelana pendek, berkaos kaki panjang dan memakai pelindung tulang kering.
  4. Jumlah pemain tetap yang didaftarkan minimal 6- 10orang dan diserahkan kepada panitia sebelum pertandingan dimulai disertai kelengkapan persyaratan sebagai pemain, dan official.
  5. Pemain yang didaftarkan akan disahkan pada waktu Technical Meeting.
  6. Pemain dapat bermain setelah mendapat izin dari inspektur (panitia) pertandingan.
  7. Pemain yang mendapat kartu kuning dua kali dalam pertandingan berbeda tidak boleh dimainkan satu kali pada pertandingan berikutnya.
  8. Pemain yang mendapatkan kartu merah harus meninggalkan lapangan pertandingan dan tidak boleh dimainkan dalam satu pertandingan berikutnya, jika timnya menang;.
  9. Tim yang pemainnya mendapatkan kartu, wajib membayar denda sebesar.

a. Kartu kuning            : Rp 10.000,00.

b. Kartu Merah            : Rp 20.000,00.

dan langsung dibayarkan setelah pertandingan selesai pada panitia meja. Jika tidak membayar setelah pertandingan selesai, maka KTM untuk sementara waktu akan ditahan.

  1. Pemain yang melakukan tindakan kekerasan terhadap wasit dan petugas pertandingan lainnya maka tim tersebut dinyatakan WO (Walk Out).
  2. Pemain yang tidak bisa menerima keputusan wasit lalu pemain tersebut meninggalkan lapangan (mogok main) maka timnya dinyatakan kalah 3-0 (walaupun dalam posisi menang).
  3. Pemain dari kedua tim yang saling melakukan tindakan pemukulan, maka kedua tim dinyatakan kalah WO (Walk Out)

 

5. ENGLISH SPEECH AND DEBATE COMPETITION

ENGLISH SPEECH AND DEBATE COMPETITION

 

Biaya Pendaftaran :

  • Debat  : Rp 100.000,00/tim.
  • Speech  : Rp 75.000,00/orang.

Persyaratan Peserta :

  • Peserta adalah mahasiswa FMIPA yang masih aktif se – Jawa.
  • Peserta diperbolehkan mengikuti lomba jika sudah membayar biaya pendaftaran sesuai yang telah disepakati.
  • Peserta debat merupakan tim yang terdiri dari 3 mahasiswa.
  • Peserta dan panitia harus mematuhi segala peraturannya yang ada.

Pendaftaran :

  • Pendaftaran dimulai pada tanggal 7 September 2013.
  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui web www.undipsciencefair.org dan membayar registrasi peserta ke rekening Mandiri atas nama AmirudinKCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening 136-00-014195-10 atau BNI 46 atas nama Anisa Nurina, KCP Semarang Undip dengan Nomor Rekening0258198881 atau BTN atas nama Andhica Surya Anggara dengan Nomor Rekening 00175-01-61-013897-1. 
  • Setelah melakukan pendaftaran via online dan melakukan pembayaran, peserta diharapkan konfirmasi dengan cara mengetik sms : Ketik : NAMA (spasi) UNIVERSITAS (spasi) JENIS PERLOMBAAN (spasi) REKENING PESERTA, kirim ke Nabila (085227499982).
  • Technical Meeting dilaksanakan 1 jam sebelum pelaksanaan.
  • Pendaftaran paling lambat tanggal 16 November 2013.

Leave a Reply