Posted by & filed under Berita Terkini.

Berdasarkan agenda rutin Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik, tahun ini diselenggarakan kembali Olimpiade Sains Terapan Nasional SMK yang ke-VII Tingkat Provinsi. Kali ini yang menjadi pelaksana OSTN SMK ke-7 adalah Fakultas Sains dan Matematika, Undip, Semarang.

OSTN SMK dilatarbelakangi dengan perkembangan teknologi di industri yang menuntut kemampuan para teknisi dalam mengoperasikan peralatan atau mesin yang berbasis matematika dan sains. Salah satu tujuannya untuk mempromosikan pembelajaran adaptif di SMK sebagai sarana pembekalan bagi lulusan SMK berkarier secara lentur, adaptif dan siap berkembang.

Olimpiade ini diselenggarakan dengan tujuan salah satunya adalah mengembangkan sikap kompetitif di kalangan siswa SMK. Bidang yang dilombakan adalah Matematika Teknologi, Matematika Non-Teknologi, Fisika Terapan, Kimia Terapan, Biologi Terapan. Peserta yang mendaftar sebanyak 175 orang dengan pembimbing sebanyak 175 orang dan pendamping sebanyak 35 orang. Jadi total keseluruhan ada 385 orang.

Acara ini dimulai dari tanggal 24 Juni 2014 dengan agenda Pembukaan bertempat di Gedung Prof. Soedarto Undip Tembalang, Semarang dan dihadiri oleh seluruh peserta dan pendamping olimpiade nasional. Acara yang meriah ini diisi dengan hiburan, sambutan-sambutan, janji juri & peserta, dan pembacaan doa. Pelaksanaan tes tertulis dan tes praktik diadakan pada tanggal 25 -26 Juni 2014 bertempat di Gedung Prof. Soedarto dan Kampus Fakultas Sains dan Matematika yang dimulai pada pukul 08.00. Acara penutupan diadakan pada 26 Juni 2014 pukul 19.00 dengan memberikan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah kepada pemenang.20140624_192922 20140624_192939