Posted by & filed under Berita Terkini.

dies1

Rangkaian kegiatan-kegiatan DIES natalis ke 57 Undip Resmi dibuka. Pembukaan tersebut ditandai dengan pelepasan balon helium oleh Rektor, bersama-sama dengan 11 Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Ketua LPPM, dan Ketua LP2MP. Dua balon Zeppelin, turut dilepas dan akan terpasang selama sebulan di atas atap Gedung ICT Center dan Lab Terpadu. Dalam sambutannya Dr. Muhammad Nur DEA, Dekan Fakultas Sains dan Matematika yang menjadi ketua panitia Dies Natalis Undip, Muhammad Nur mengatakan bahwa rentetan kegiatan dies Undip ke 57 sudah dimulai di beberapa fakultas. Kegiatan pembuakaan akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan besar yang lain yang nelibatkan seluruh Fakultas, Pasca Sarjana dan Lembaga di Lingkungan Undip.

Thema Dies yang diangkat tahun ini adalah Otonomi dalam Harmoni. Tema ini telah diputuskan dalam rapat senat universitas, yang dikaitkan dengan akan diberikan mandat kepada Undip untuk menjadi PTN-BH. Muhammad Nur juga menyebutkan bahwa kegiatan DIES kali ini dikelompokan dalam 4 pilar yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian sains, tekonologi dan kemasyarakatan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Sosio kultural. Beberapa kegiatan menonjol yang segera dilakukan adalah, Panel Diskusi tentang Pembentukan Kementrian Dikiti dan Ristek yang mendtangkan tokoh-tokoh nasional yang terlibat dalam wacana penggabungan Dikti dan Ristek.

Kegiatan lain adalah Jalan sehat yang melibatkan sivitas akademika, keluarga besar undip, masyarakat sekita kampus dan mitra Undip. Dalam rangkaian DIES ke 57 ini, Undip juga akan menetapkan desa Rowosari menjadi Desa Inovasi Binaan Undip. Berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan difokuskan di desa tersebut. Rektor Undip, Prof Sudharto mengatakan, dengan dibukanya rangkaian acara dies natalis Undip ke-57, dengan thema otonomi dalam harmoni dapat maningkatkan kesiapan Undip untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). “Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, memiliki otonomi lebih. Meskipun demikian Undip tetap menjaga keharmonisan dengan mahasiswa dimana biaya pendidikan akan terjangkau dan harmoni dengan stakeholder serta masyarakat yang akan menjadi mitra kita,” tuturnya.

Seperti biasanya Rektor Undip menutup dengan menyanyikan penggelan lagu Himne Undip dan pantun yang terasa menyejukkan dan mencerminkan suatu keharmonisan. Hal lain yang menarik dari pembukaan Dies kali ini, selain dua Balon Zeppelin DIES, rangkaian acara pembukaan ini didokumentasikan dengan video yang diambill oleh pesawat robot tanpa awak yang terbang diatas kawasan ICT Center. Rekaman ini akan menjadi dokumen yang menarik dan berharga. Disgahayulah Diponegoro, Dirgahayulah Alamamaterku.