Posted by & filed under Berita Terkini.

Mahasiswa merupakan harapan dan masa depan Indonesia. Merekalah yang akan mewarisi dan melanjutkan perjuangan bangsa. Mahasiswa menempati kedudukan yang amat strategis. di negara manapun di dunia, posisi mahasiswa sangat penting karena merekalah pemilik masa depan hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dalam Stadium Generale yang mengambil tema “peran Mahasiwa Dalam Pembelaan Negara, selasa (14/10) di Gedung Soedarto,SH Kampus Undip Tembalang.

Purnomo menjelaskan tantangan di masa depan jauh lebih kompleks dan berat, karena itu mahasiswa harus dibekali iman yang kuat, dan penguasaan ilmu pengetahuan harus pula dibarengi dengan penanaman nasionalisme dan bela negara karena kalau tidak memiliki nasionalisme, maka Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara akan sulit bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia”ujarnya

Sementara itu Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan RI Dr. Timbul Siahaan mengatakan perlunya para mahasiswa memahami bela negara karena bela negara bukan hanya menjadi urusan TNI, tetapi hak dan kewajiban seluruh warga negara sesuai peran dan profesinya”jelasnya

“bahwa saat ini ancaman keamanan masih cukup tinggi, baik dalam bentuk agitasi, terorisme dan cyber crime. Oleh karena itu kita menerapkan Bela Negara dalam sistem pertahanan rakyat semesta. Dalam hal ini TNI sebagai komponen utama dalam system pertahanan Negara dibantu oleh komponen  cadangan dan komponen pendukung  yang terdiri dari  rakyat terlatih maupun potensi seluruh rakyat Indonesia.

“Diharapkan dengan pemahaam bela negara yang benar ini para mahasiswa sebagai agen perubahan dapat membangun kesadaran bela negara di lingkungan Generasi Muda Indonesia.

Adapun sifat yang harus dikembangkan oleh para mahasiswa antara lain bijaksana, rela berkorban, peduli, berani, jujur dan disiplin.

 

Sumber: www.undip.ac.id

Comments are closed.