Posted by & filed under Berita Terkini, News, Sains dan Teknologi.

fsm.undip.ac.id – Pengumuman penerimaan usulan proposal penelitian dosen selalu menjadi penantian. Harapan mendapatkan pendanaan untuk menggerakan mesin riset, publikasi, paten dan penerapan hasil riset di masyarakat tertumpu dari pendanaan tersebut. Penantian tersebut terjawab sudah. Fakultas Sains dan Matematika masih tetap dapat mempertahankan prestasi tahun lalu dari segi jumlah judul penelitian maupun pendanaan dari DP2M Dikti untuk penelitian-penelitian dosen. FSM dalam tahun ini dapat meraih 26 %  (52 judul) dari total 188 judul penelitian yang diterima oleh Universitas Diponegoro. Penelitian ini termasuk 3 judul ( 60%) dari 5 judul untuk Penelitian Unggulan Strategis Nasional yang diterima oleh Undip.
Kemana sasarannya hasil riset ini? Hasil riset ini memberikan kontribusi yang sangat nyata bagi universitas Diponegoro. Sekretaris LPPM pada Rapat Kerja Tahunan di akhir 2014 menyampaikan terdapat 107 karya Undip yang terindex scopus. Pada saat yang sama TIM FSM memantau terdapat  sebanyak 23 karya (21 %) berasal dari fakultas tersebut.
Sasaran dari penelitian ini tak hanya berkontribusi dalam menghantarkan Undip menjadi Universitas Riset, lebih jauh lagi diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Berbagai penelitian lanjut sudah ada yang sampai pada hilirisasi menjadi produk nyata, menghasilkan perusahan baru yang menggerakkan kegiatan alumni untuk membuka lapangan kerja baru.
Bagaimana imbasnya bagi mahasiswa? Mahasiswa juga tertarik dalam pusaran suasana akademik ini. Dari 6 jurusan dan 7 program studi terdapat 77 judul Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai Dikti. Jumlah ini juga mencapai 25 % dari jumlah yang dapat diterima Undip (MN).
ozon

 

 

Comments are closed.