Posted by & filed under Berita Terkini, Events.

 

Tanpa terasa, saat ini FSM Undip telah berumur 28 tahun sejak berdirinya. Perjalanan panjang FSM Undip ini, telah menghantarkan FSM menjadi salah satu Fakultas di Undip yang berkualitas dan unggul serta mampu meningkatkan daya saing bangsa melalui alumni yang dihasilkannya dan karya-karya intelektual lain dalam bidang riset dan pemikiran.

Dalam usianya yang ke 28, FSM Undip terus berbenah diri dan bertekat untuk menjadi fakultas riset yang unggul ditahun 2020. Komitmen ini tentu saja perlu didukung oleh semua civitas academica, dan dibutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya. Penataan baik manajemen tata kelola internal fakultas (capacity building), maupun fisik kampus terus dibenahi melalui berbagai program-program. Kontribusi FSM terhadap penghijauan telah menempatkan FSM Undip sebagai kampus peduli penghijauan. Saat ini FSM Undip mengelola Program Studi yang terdiri atas S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Matematika, S1 Statistika, S1 Ilmu komputer/Teknik Informatika, S2 Ilmu Fisika, S2 Ilmu Kimia, D3 Instrumentasi dan Elektronika.

FSM Undip memandang bahwa dies natalis merupakan momentum yang sangat tepat untuk menguatkan dan mendukung komitmen akan perubahan demi kemajuan institusi yang tahun ini menuju pada statusnya yang baru sebagai Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum (PTN-BH) dari status sebelumnya Badan Layanan Umum (BLU). Dies Natalis dapat dimaknai bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tapi juga penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya. Sebagai bentuk rasa syukur, FSM Undip memperingati Dies Natalis dengan penuh optimis yang di awali dengan launching kegiatan dies natalis ke-28 pada hari Jumat tanggal 4 November 2016. Dalam kegiatan dies natalis ke-28 ini, telah disiapkan berbagai aktivitas kegiatan yang dikategorikan menajdi 5 (lima) kelompok kegiatan, antara lain: Kelompok kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Riset dan Inovasi, Kemahasiswaan, Socio-Cultural dan Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan utama dalam Kelompok kegiatan pendidikan dan pengajaran, antara lain  (1) studium generale untuk menguatkan pencapaian visi universitas riset yang unggul, (2) seminar nasional ilmu komputer, (3) pelatihan data mining, dan (4) kuliah tamu dengan narasumber dari luar negeri. Kegiatan utama kelompok kegiatan riset dan inovasi, antara lain (1) The 6th International Seminar on New Paradigm and Innovation on Natural Sciences and Its Application (ISNPINSA) yang berafiliasi dengan jurnal terindeks scopus (ASL), (2) lokakarya publikasi jurnal internasional terindeks, (3) penelitian unggulan berorientasi paten dan produk komersial, dan (4) penguatan research center: CPR, Ce-MEBSA, CGR.

Kegiatan utama kelompok kegiatan kemahasiswaan, antara lain (1) workshop penguatan kompetensi mahasiswa: leadership, enterpreneurship, delegasi internasional, (2) Undip Science Fair yang menampilkan karya-karya invotatif mahasiswa di lingkungan Undip dan (3) expo kreativitas mahasiswa. Kegiatan utama kelompok kegiatan socio-cultural, antara lain (1) senam pagi bersama Rektor dan (2) FSM peduli kampus, sebagai wujud komitmen FSM Undip untuk menjadikan kampus nyaman untuk beraktivitas dengan penataan landscape/lingkungan yang baik, penataan yang sistematis dan berkelanjutan, agar pemandangan kampus nampak asri, sejuk, indah dan nyaman

Sedangkan kegiatan utama kelompok kegiatan pengabdian masyarakat, antara lain (1) pengembangan Desa Inovasi Rowosari (Kec. Tembalang, Semarang) yang diisi dengan kegiatan aplikasi TTG, penyuluhan, pengajaran sains dasar, pelatihan aplikasi teknologi, dan penerapan IPTEK, (2) capacity building of Center for Geothermal Research, (3) pendirian & sosialisasai perusahaan berbasis Teknologi: PT ASA dan PT Dipon.

dsc_3733 dsc_3794

dsc_3819 dsc_3816

Comments are closed.