Perjanjian Kerjasama (PKS) FSM UNDIP dengan KNKT, BPPP dan DAMRI Untuk Kembangkan Alat Rekam Jejak Kendaraan Bermotor

Universitas Diponegoro melakukan penandatanganan MoU dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (BPPP) dan Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI). Dilanjutkan dengan penandatanganan PKS antara Fakultas Sains dan Matematika dengan KNKT, BPPP dan DAMRI. Penandatanganan MoU ini dalam rangka pengembangan penggunaan aplikasi Rekam Jejak Kendaraan Bermotor untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas. Acara ini dilaksanakan di Ruang Sidang Rektor Widya Puraya Universitas Diponegoro.

Maksud Nota Kesepahaman Bersama ini sebagai pedoman bagi PARA PIHAK dalam rangka untuk melaksanakan pemanfaatan sumberdaya manusia dan fasilitas laboratorium dalam penelitian dan pengembangan aplikasi teknologi alat perekam jejak operasi kendaraan bermotor umum dalam upaya peningkaltan keselamatan transportasi lalu lintas dan angkautan jalan.

Sedangkan tujuan Nota Kesepahaman ini untuk melakukan penelitian dan pengembangan alat perekam dan penggunaannya pada kendaraan bermotor umum saat beroperasi.

Dalam sambutannya Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama menyampaikan bahwa sesuai dengan misi Undip yaitu menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat maka Undip menyambut baik kerja sama ini diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat pada semua pihak”ujarnya.

“Undip juga membuka diri dan menggajak untuk bekerjasama dalam bidang-bidang yang lain tidak hanya dengan Fakultas Teknik dan Fakultas Sains dan Matematika tapi juga dengan Fakultas lain yang ada di Undip.

“Pada dasarnya Undip siap mengembangkan IPTEK untuk kesejateraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa”kata pakar Hukum Administrasi Negara ini.

Sementara itu Ketua KNKT DR. Soerjanto Tjahjono menuturkan bahwa kerjasama ini sangat strategis sekali demi mengurangi kecelakaan dan keselamatan penumpang pada angkutan darat, kami butuh bantuan keilmuan pengembangan black box dari para imuwan Undip”ungkapnya.

Senada dengan Ketua KNKT, Kepala BPPP DR.Ir.Agus Santoso,M.Sc dan Pelaksana Tugas Direktur Utama Perum DAMRI Sarmadi Usman, SE, MM menyambut gembira kerjasama ini karena akan sangat membantu.

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU tersebut adalah para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan serta pejabat struktural yang ada di lingkungan Undip.

Category: Berita Terkini