Dedikasi dan Komitmen FSM UNDIP Dalam Mendukung Kemajuan Riset di UNDIP Melalui Partisipasi Aktif Pada Expo Hasil Riset

Untuk mendukung visi Universitas Diponegoro sebagai Universitas Riset yang unggul di tahun 2020, Fakultas Sains dan Matematika berkomitmen melalui partisipasi aktif dalam expo-expo hasil-hasil riset unggulan. Banyak riset-riset yang dihasilkan oleh Fakultas Sains dan Matematika UNDIP yang telah ikut expo hasil riset. Salah satunya adalah expo dalam rangka launching UNDIP sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH), pada tanggal 3 Januari 2017 di Gedung Prof Soedarto, S.H. Adapun hasil-hasil riset terbaru dari FSM, antara lain :

  1. Produksi Produk-Produk Terenkapsulasi dan Kajiannya, yang dilakukan oleh Kelompok Riset Intermolecular Chemistry (IMC). Pada dipimpin oleh Dr. Parsaoran Siahaan, MS dari Departemen Kimia.
  2. Synthesis Furfural From Water Hyacinth (Eichornia crassipes). Kajian ini dilakukan oleh Tim dari Ismiyarto,S.Si,M.Si,Ph.D, dkk dari Departemen Kimia. 
  3. Alat Pengukur Kadar Gula Darah Non-Invasive. Kajian ini digalang oleh Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si, dkk dari Departemen Fisika. Dimana hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil optimalisasi catu daya sensor telah mampu meningkatkan liniearitas hasil pengukuran dan hasil aktual. Hasil ini memberikan stabilitas alat yang dikembangkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,999.
  4. Pengembangan Teknologi Pengolah Air Bersih Menggunakan Material Foto Katalis Lapisan Tipis TiO2 Dikombinasi Nano Komposit TiO2/ZnO. Kajian ini dilakukan oleh Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si, dkk dari Departemen Fisika. Dari hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan, antara lain:
    1. hasil uji kemampuan fotoaktivitas foto katalis hasil deposisi berhasil mendegradasi pewarna methylene blue hingga 96.6%.
    2. bahwa foto katalis TiO2:ZnO telah berhasil menurunkan BOD air limbah hingga mencapai 98.9%.
    3. foto katalis ZnO telah dapat membunuh bakteri e-Colli pada air limbah hingga 100%, dan beberapa kesimpulan lainnya.
  5. Pupuk Nanosilika. Kajian ini diinovasi oleh Dr. Agus Subagio, S.Si, M.Si, dkk. Pupuk Nanosilika ini dapat dimanfaatkan di semua lahan pertanian dan perkebunan baik untuk tanaman padi, jagung, tebu, kedelai maupun holtikultura (sayuran maupun buah-buahan).
  6. Keramba Jaring Apung Bulat Bertingkat. Kajian ini dipelopori oleh Drs. Sapto Purnomo Putro, Ph.D dari Departemen Biologi. Dengan menggunakan metode integrated multi-tropic aquaculture (IMTA), memungkinkan pembudidaya mendapatkan beberapa produk budidaya pada area yang sama tanpa menambah luasan area pembudidayaan.
  7. Pengukur Gas CO Terkoneksi Internet. Kajian ini digagas oleh Dr. Suryono, S.Si, M.Si. Keunggulan alat ini dapat dilakukan komunikasi localhost server dari basis data lokal di stasion lapangan ke basis data online host server di situs internet.
  8. D'Ozon Generator Ozon Pencucian Buah dan Sayuran. Kajian ini dipelopori oleh Dr. Muhammad Nur, DEA, dkk dari Departemen Fisika. Generator Ozon ini memiliki manfaat antara lain mampu membunuh serta menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada buah dan sayur, aman digunakan untuk bahan makanan, serta hemat energi.
  9. Nano Material Lapisan Tipis Fotokatalis ZnO:AI Dikombinasi Ozon Untuk Pendegradasi Polutan Pada Limbah Cair. Kajian ini dipelopori oleh Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si, dkk. Teknologi ini memiliki keunggulan, antara lain:
    1. Mendapatkan prosedur yang baku dalam sintesis serbuk kristal dan gel kristal dengan metode sol-gel untuk deposisi lapisan tipis material oksida semikonduktor fotokatalis ZnO:Al.
    2. Parameter optimum (tekanan, lama penyemprotan, dan kekentalan larutan) pada deposisi lapisan tipis fotokatalis nano material ZnO:Al di atas aluminum dan kaca dengan kualitas (komposisi, optik, kristal dan morfologi) yang baik menggunakan teknik spray coating.
    3. Serta memiliki manfaat  Parameter optimum (tekanan, lama penyemprotan, dan kekentalan larutan) pada deposisi lapisan tipis fotokatalis nano material ZnO:Al di atas aluminum dan kaca dengan kualitas (komposisi, optik, kristal dan morfologi) yang baik menggunakan teknik spray coating.
  10. Sistem Identifikasi Kualitas Daging Secara Otomatis Dengan Metode Pengolahan Citra Menggunakan Perangkat Mobile. Kajian ini dipelopori oleh Dr. Kusworo Adi, MT. Teknologi ini memiliki manfaat antara lain:
    1. Membantu mengidentifikasi kualitas daging secara otomatis dengan metode pengolahan citra menggunakan perangkat mobile.
    2. Membantu bidang terkait dalam rangka menjaga kualitas daging secara cepat dan mudah menggunakan fasilitas perangkat mobile seperti smartphone yang ada saat ini.
  11. Ekstrak Tumbuhan Hyptis Pectinata Sebagai Adjuvant Therapybreast-Cancer. Kajian ini diinovasi oleh Dr. Meiny Suzery, dkk. Dengan menggunakan ekstrak tumbuhan Hyptis Pectinata dapat menurunkan massa dan meningkatkan kadar IFNγ, Kadar VEGF dan granzim. Serta  sebagai kemoterapi adjuvant terhadap pengobatan kanker payudara.
  12. Formula Pakan Organik Dan Serbuk Kunyit Untuk Meningkatkan Kandungan Asam Lemak Esensial Pada Telur Puyuh. Kajian ini dipelopori oleh Dra. Tyas Rini Saraswati, M.Kes, dkk dari Departemen Biologi. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan, yaitu dengan pemberian pakan organik dapat menurunkan kadar asam lemak jenuh dan meningkatkan kadar asam lemak tak jenuh pada telur puyuh.