Penandatanganan Perjanjian Kerjasama FSM Undip dengan Universitas Pattimura Ambon dan Universitas Khairun Ternate

Selasa, 21 November 2017 dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Program Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Pattimura Ambon tentang pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengembangan sumber daya manusia, seminar, pelatihan dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan perjanjian ini dilakukan oleh Prof. Dr. Widowati, S.Si, M.Si selaku Dekan FSM Undip dengan Dr. Dominggus Rumahlatu, S.Pd, M.Pd mewakili Direktur Program Pascasarjana Pendidikan Biologi dan Program S1 Pendidikan Biologi Unpatti Ambon. Sehari sebelumnya juga dilakukan Perjanjian Kejasama yang serupa antara Dekan FSM Undip dengan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang diwakili oleh Dr. Chumidach selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Univeritas Khairun Ternate.

Rangkaian kegiatan kerjasamanya tersebut dimotori oleh Program Studi Magister Biologi FSM Undip sudah berkunjung ke Universitas Pattimura Ambon dan Universitas Khairun Ternate pada tanggal 18-23 September 2017. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan promosi, kuliah tamu serta meningkatkan jejaring untuk kolaborasi tingkat Fakultas maupun tingkat Program Studi. Lebih lanjut Dr. Tyas Rini Saraswati, MKes selaku Ketua Prodi Magister Biologi juga menyampaikan bahwa seiring dengan perubahan status Undip menjadi sebuah PTN-BH, maka tuntutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan semakin dirasakan urgensinya, salah satunya membangun jejaring kolaborasi untuk peningkatkan kerjasama.

Perjanjian pelaksanaan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kualitas penelitian/riset bersama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memfasilitasi riset bersama melalui sumber daya yang dimiliki, baik dari pihak FSM Undip maupun Fakultas MIPA Unpatti serta FKIP Unkhair.

Tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama di atas, diharapkan akan mendorong upanya peningkatan/pengembangan pemahaman Sains; penelitian/riset bersama oleh para dosen; publikasi hasil penelitian; pertukaran informasi dan data referensi akademik; penggunaan dan pengembangan laboratorium sains dasar; serta pengabdian masyarakat serta kegiatan kemahasiswaan.

Category: Berita Terkini