Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si Sebagai Guru Besar Baru di FSM Undip

Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si Sebagai Guru Besar Baru di FSM Undip

Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si dari Departemen Fisika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro akan segera dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Fisika Material. Pengukuhan akan dilaksanakan oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum pada tanggal 21 April 2018 dalam Sidang Senat Terbuka di Gedung Auditorium Prof. Soedarto, SH Universitas Diponegoro.

Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si merupakan Guru Besar/Profesor ke 4 di lingkungan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Beliau memulai menjadi dosen di Jurusan Fisika pada tahun 1998 di FSM Undip. Menempuh studi S2 (lulus tahun 2003) dan S3 (lulus tahun 2008) pada bidang Fisika Material di ITB. Setelah selesai S3 pada tahun 2008 beliau melanjutkan meneliti dengan membangun/melengkapi peralatan dasar sintesis material seperti membuat pengaduk magnetik dari modifikasi kipas angin kecil hingga mengembangkan dengan menambah sistem pemanasnya.

Topik yang dikembangkan sejak tahun 2008 yaitu membuat lapisan tipis seperti dip-coating, spin-coating dan spray-coating. Hasil-hasil penelitiannya dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi tinggi/terindeks Scopus dengan dokumen sebanyak 43 dan H-Index 5. Selain publikasi, Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si juga mendaftarkan paten hasil penelitiannya, sebagai inventor sebanyak 4 buah dan granted paten sebanyak 1 buah (Granted IDS000001651) dengan judul Deposisi Laposan Tipis Seng Oksida (ZnO) Dengan Teknik Penyemprotan dan Aplikasinya Untuk Pengolah Air Limbah Organik. Beberapa hasil sintesis material telah diaplikasikan untuk pendegradasi kandungan logam berat pada minyak atsiri dan peningkatan minyak goreng.

Selain aktif meneliti, sejak lulus Doktor, beliau juga mendapat tugas tambahan sebagai Sekretaris Prodi D3 Instrumentasi dan Elektronika, dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris Departemen Fisika dan Sekretaris Senat FSM Undip. Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si juga mendapat tugas sebagai reviewer/tim seleksi Beasiswa LPDP Departemen Keuangan RI dari tahun 2013-sekarang, sebagai asesor BAN PT sejak tahun 2017 dan sebagai reviewer penelitian LPPM Undip sejak tahun 2009-sekarang, serta sebagai reviewer penelitian nasional berstandar ISO 17024 sejak tahun 2017. Beberapa penghargaan juga telah diperolehnya sebagai dosen berprestasi 1 FMIPA Undip pada tahun 2010 sampai terkahir Publikasi Jurnal Ilmiah Terbaik 6 Tahun 2017 Undip.

Selamat kepada Prof. Dr. Heri Sutanto, S.Si, M.Si atas jabatan baru yang diemban, semoga memberi manfaat untuk semuanya.

Category: Berita Terkini