FSM Undip Jalin Kerjasama dengan Universiti Malaysia Sabah

FSM Undip Jalin Kerjasama dengan Universiti Malaysia Sabah

SEMARANG-Untuk meningkatkan kualitas, perguruan tinggi (PT) di Indonesia perlu dilakukan kerja sama dengan PT luar negeri (LN). Hal ini seperti yang dilakukan oleh Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Semarang dengan Universiti Malaysia Sabah (UMS), Kinabalu. Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan keduanya, Jumat (23/11/2018).

Wakil Dekan Riset dan Inovasi FSM Undip, Sapto P Putro PhD mengatakan, penguatan kerja sama ini untuk bidang pendidikan dan riset, dengan menggandeng Faculty of Science UMS. Khususnya untuk International Undergraduate Program (IUP). Kunjungan tim yang berjumlah lima orang ini dipimpin oleh Dekan, Prof Dr Widowati.

FSM-Undip-Universiti-Malaysia-Sabah FSM-Undip-Universiti-Malaysia-Sabah

Ikut dalam delegasi, Wakil Dekan Akademik Bayu Surarso PhD, dosen senior Kimia Dr Meiny Suzery dan Kabag Tata Usaha Dra Sri Harumaningsih MSi. Ini merupakan kunjungan balasan, setelah sebelumnya, dari pihak UMS telah datang ke Undip, April lalu. “Penguatan kerja sama juga dilakukan untuk credit learning bagi mahasiswa IUP dan kolaborasi seminar bersama Faculty of Science and Natural Resources, Universiti Malaysia Sabah,” katanya. Sedangkan inisiasi kerja sama untuk bidang riset terapan, khususnya bioteknologi dilakukan bersama Biotechnology Research Institute (BRI) UMS, pada Kamis (22/11).

FSM-Undip-Universiti-Malaysia-Sabah FSM-Undip-Universiti-Malaysia-Sabah

Dilanjutkan visitasi fasilitas peralatan Laboratorium yang dimiliki BRI-UMS Untuk kerja sama FSM Undip dengan BRI UMS, disepakati kedua belah pihak untuk beberapa bidang. Yakni meliputi riset bidang mikrobiologi khususnya pemanfaatan bakteri thermofilic untuk pengembangan teknologi pangan dan medikasi. Juga pengembangan delivery and discovery natural product khususnya jamu/herbal medicine dan pengembangan vaksin bakteri penyebab penyakit pada ikan tropis. Juga pembimbingan bersama thesis mahasiswa Magister Biologi dan Kimia.

Category: Berita Terkini