VISI

Pada tahun 2020 menjadi fakultas unggul berbasis riset di bidang sains dan matematika, serta pengembangan penerapannya.

MISI

Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro mempunyai misi :

  1. Menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan akademik yang unggul, bermoral, beretika, berwawasan kebangsaan untuk menghasilkan lulusan yang COMPLETE (COMmunicator, Profesional, Leader, Entrepreneur, Thinker, Educater).
  2. Menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan di bidang matematika, sains dasar dan terapannya yang unggul, bermoral, beretika, berwawasan kebangsaan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di tingkat nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan riset yang inovatif dan menyebarluaskan hasilnya untuk mengembangkan matematika, sains dasar dan terapannya.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis riset di bidang matematika, sains dasar dan terapannya.
  5. Meningkatkan tata kelola yang profesional, akuntabel dan berkelanjutan (good governance).

TUJUAN

Tujuan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro adalah :

  1. Diperolehnya hasil pelaksanaan Tri Dharma Tri Dharma bidang Sains dan Matematika yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang yang memiliki wawasan dan mampu bersaing dalam pasar global sesuai dengan tujuan pendidikan nasional melalui RAISE++ .
  2. Terbangunnya infrastruktur fakultas sains dan matematika yang memadai dan terciptanya atmosfir akademik yang kondusif untuk implementasi tridharma secara efektif dan efisien.
  3. Terbangun kerjasama mutualistik dengan stakeholder .

STAF PENGAJAR

Sejak didirikannya tahun 1993 Fakultas Sains dan Matematika selalu berusaha meningkatkan jumlah dan kualitas dosen (pendidik). Sampai dengan akhir bulan Desember 2010, jumlah dosen di FSM seluruhnya adalah 186 orang, dengan rincian dosen di Jurusan Matematika sebanyak 61 orang, Jurusan Biologi sebanyak 51 orang, Jurusan Fisika sebanyak 37 orang, dan Jurusan Kimia sebanyak 37 orang.

Sampai akhir 2010, dosen Fakultas MIPA berjumlah 186 dosen. Dari sejumlah dosen tersebut masih terdapat 14 orang yang mempunyai latar belakang pendidikan S1. Sebagian besar 145 orang berpendidikan S2 (77%) dan S3, sebesar 15 % (27 orang). Para staf pengajar tersebut diluluskan oleh lembaga pendidikan tinggi dari dalam negeri maupun luar negeri seperti, Jepang, Australia, Kanada, Philipina dan Eropa (Perancis, Jerman, Inggris, Belanda).

PENELITIAN

Penelitian merupakan salah satu dari tugas pokok dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di dalam penelitian ini masing-masing dosen bisa menggali dana penelitian baik dalam bentuk kerjasama antar institusi maupun dana penelitian dari dana DIPA dan Block Grant yang berasal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayan (DP2M DIKTI), Kementrian Riset dan Teknologi serta dari instansi lain baik negeri maupun swasta. Pada periode tahun 2007 sampai 2010 khususnya tahun 2009 terjadi peningkatan jumlah proposal penelitian yang diajukan oleh para dosen Fakultas MIPA untuk didanai terutama dari dana DP2M.

Adanya Unit Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Sains Teknologi (UP3ST) di Fakultas yang telah dirintis sejak tahun 2008 diharapkan juga semakin memotivasi dosen dalam kegiatan penelitian maupun implementasinya secara terpadu atau kolaboratif antar jurusan atau program studi melalui lima klaster atau kelompok kajian yang ditawarkan di UP3ST. Kelima klaster tersebut adalah Klaster Energi, Klaster Rekayasa, Klaster Eksplorasi Bahan Alam Hayati dan Non Hayati, Klaster Kajian Lingkungan dan Klaster IPTEK Terapan dan Kewirausahaan.

PENGABDIAN MASYARAKAT

Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian ini dilakukan antara lain: pelatihan kewirausahaan (mis. budidaya jamur tiram, pembuatan yogurt, tauco, dll), pembinaan terhadap UKM, pendampingan sekolah dasar sampai SMU, pelatihan aplikasi perangkat lunak (MATLAB, MAPLE, SPSS, LaTex, dll).

JURUSAN

Fakultas Sains dan Matematika terdiri dari 4 jurusan yakni Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Kimia dan Jurusan Fisika. Sesuai dengan PP no. 66 tahun 2010, Jurusan adalah himpunan sumber daya pendukung program studi 1 (satu) rumpun disiplin ilmu pengetahuan, teknologi seni, dan/atau olah raga. Program studi adalah program yang mencakup kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum. Dalam perkembangannya FSM telah memiliki 8 program studi ; Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Informatika, Statistika untuk S1, Elektronika dan Instrumentasi untuk D3, serta Magister Ilmu Biologi untuk S2. Dalam waktu dekat juga akan diselenggarakan Program Magister Ilmu Fisika. Diharapkan dalam 3 tahun ke depan semua program S1 di FSM memiliki program magister.

Comments are closed.