fsm.undip.ac.id/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Fotonik Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material melakukan penjajakan kolaborasi kerja sama strategis di bidang Nanoteknologi dan Material dengan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro. Hal tersebut dilakukan melalui diskusi dan disahkannya penandatanganan naskah kerjasama di Gedung Acintya Prasada FSM, pada Selasa (24/10).

Dekan FSM Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si dalam sambutanya mengatakan pertemuan ini merupakan lanjutan dari gagasan Departemen Fisika melalui Dr. Ali Khumaeni, M.Si, Ph.D. “Harapan kami dari inisiasi kerja sama ini ada kegiatan yang bisa dikolaborasikan, karena kerja sama ini tidak hanya kesepakatan, tetapi adanya kolaborasi teknis yang menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Kepala Pusat Riset Fotonik BRIN Dr. Isnaeni menyampaikan Proses problem solving pada nanoteknologi dan material sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya, dan kita berharap dapat berkontribusi banyak dalam hal tersebut. Riset yang dilakukan oleh periset di Pusat Riset Fotonik bersifat lintas disiplin dan lintas pusat riset / organisasi riset bahkan kolaborasi riset dengan pihak univeristas dalam dan luar negeri serta industri ataupun UMKM dalam negeri.

Penandatangan Naskah Perjanjian Kerjasama. Foto By: UP2TI FSM
Penandatangan Naskah Perjanjian Kerjasama. Foto By: UP2TI FSM

Pusat Riset Fotonik membuka peluang kerjasama riset seluas-luasnya kepada seluruh periset dan masyarakat Indonesia. “Kami berharap bahwa Pusat Riset Fotonik dalam berkontribusi nyata dalam pembangunan nasional dengan cara meningkatkan kemandirian bangsa melalui riset dan inovasi,” katanya.

Perjanjian kerjasama ini berlaku untuk 5tahun, adapun bentuk kerjasama dilaksanakan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan; kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka; Penugasan tenaga ahli sesuai dengan ketentuan; pengembangan dan penerapan teknologi; kerjasama pemanfaatan dan penerapan hasil penelitian; pemanfaatan bersama peralatan laboratorium dalam rangka penelitian bersama; penelitian dan publikasi bersama; pengabdian pada masyarakat serta publikasi bersama; bersedia menerima lulusan sesuai ketentuan yang berlaku. (yeye)

× How can I help you?