Gambar 1. Pemalang (01/08/2024) – Mahasiswa Tim II KKN UNDIP melaksanakan penyuluhan pentingnya kebersihan dan sanitasi lingkungan kepada bapak-bapak di Dusun 6, Desa Pagergunung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil riset di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 yang menunjukkan persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap sanitasi layak Kabupaten Pemalang sebesar 72,02% yang mengartikan masih tersisa 27,98% rumah tangga belum mendapatkan akses sanitasi bersih. Selain itu, menurut Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Pemalang Tahun 2016, terdapat beberapa permasalahan terkait dengan sanitasi yang berkembang di Kabupaten Pemalang sistem drainase air limbah, hujan dan tanah; pembuangan limbah tanpa pengolahan terlebih dahulu; membuang limbah ke saluran/sungai, dan masih banyak lagi. Melihat data tersebut, diperlukan adanya tindakan segera untuk mengatasi sanitasi lingkungan sekitar Desa Pagergunung. 

Tabel 1. Data Persentase Rumah Tangga yang Memiliki Akses Terhadap Sanitasi Layak

Sumber: BPS, 2019

Oleh karena itu, program penyuluhan pentingnya kebersihan dan sanitasi lingkungan yang diinisaisi oleh Tesa Evangeline Agnelia Parmana (KKN Tim II Undip). Diharapkan warga desa menjadi lebih sadar terhadap pentingnya menjaga sumber air bersih dan lingkungan untuk menjaga sanitasi yang baik dan mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi buruk.

Kegiatan mencakup penjelasan materi mengenai pengertian sanitasi dan kebersihan lingkungan, pentingnya air bersih, hingga cara menjaga kebersihan lingkungan. Sanitasi adalah upaya untuk mencegah penyakit dengan cara mengelola lingkungan secara aman. Salah satu upaya pengelolaan adalah menjaga air bersih dengan cara memastikan akses air bersih selalu tersedia, menghindari mencemar sumber air dengan sampah, dan menjaga toilet dan pembuangan limbah yang higenis. Selanjutnya dijelaskan cara menjaga sumber air yang tidak terkontaminasi, mulai dari tahappengambilan, hingga tahap pemasakan. Terakhir menjelaskan tips cara menjaga kebersihan lingkungan.

Gambar 2. Dokumentasi KKN Tim II UNDIP 2024 bersama bapak-bapak Desa Pagergunung

Untuk mempermudah warga Desa Pagergunung, Mahasiswa KKN juga merangkum seluruh materi penyuluhan ke dalam leaflet yang dapat dibawa pulang oleh warga. Program ini diterima dengan baik oleh warga, dengan harapan dapat lebih sadar dan menerapkan kebiasaan sanitasi bersih guna mencapai kualitas lingkungan yang lebih baik dan sejahtera.

Penulis: Tesa Evangeline Agnelia Parmana – FSM (KKN Tim II UNDIP 2024)

No. Telp: 08119333628

Dosen Pembimbing Lapangan: Fajrul Falah, S. Hum., M. Hum.

Lokasi: RW 06, Desa Pagergunung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang

× How can I help you?