Departemen Matematika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro menyelenggarakan SEAMS School 2024. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1-9 Juli 2024 ini mengangkat topik ”Derivasi Cincin dan Modul dengan Aplikasi”. SEAMS School 2024 didukung oleh Centre International de Mathématiques Pures et Appliquées (CIMPA), Perancis dan South East Asian Mathematical Society (SEAMS). Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, Universitas Lampung, Universitas Khairun-Ternate, dan Aligarh Muslim University-India. Tim Aljabar dan Kombinatorik dibentuk di sekolah ini.

Pembicara SEAMS School 2024 adalah

1. Prof. Vincenzo De Fillippis (Universitas Messina, Italia)

2. Prof. Shakir Ali (Universitas Muslim Aligarh, India)

3. Prof. Indah Emilia Wijayanti (Universitas Gadjah Mada, Indonesia)

4. Dr. Nikken Prima Puspita (Universitas Diponegoro, Indonesia)

5. Dr. Fitriana (Universitas Diponegoro, Indonesia)

6. Dr. Ida Kurnia Waliyanti (Universitas Khairun, Indonesia)

Peserta SEAMS School 2024 berjumlah 55 orang yang berasal dari 5 negara : Indonesia, India, Filipina, Kamboja, dan Bangladesh.

            Pada hari pertama yaitu tanggal 1 Juli 2024 dibuka dengan upacara. Ketua SEAMS School 2024, Dr. Nikken Prima Puspita, M.Si. memberikan laporan tentang kegiatan ini kepada penonton. Pada acara pembukaan, para peserta mendengarkan beberapa pidato pembukaan dari Ketua Persatuan Aljabar Indonesia (Dr. I Gede Adhitya Wisnu Wardhana), Presiden Persatuan Matematika Indonesia (Prof. Dr. Indah Emilia Wijayanti), Dekan Fakultas Sains dan Matematika (Prof. Kusworo Adi), menyaksikan video dari Presiden organisasi SEAMS (Prof. Dr. Detiena Intan Muchtadi) dan Direktur organisasi CIMPA (Prof.Christophe Ritzenthaler, Perancis). Pada sesi formal, SEAMS School 2024 dibuka oleh Wakil Rektor Wijayanto. S.IP., M.Si., Ph.D.

            Tujuan SEAMS SCHOOL 2024 adalah untuk memberikan pengenalan lengkap tentang derivasi pada teori ring dan modul. Mulai dari latar belakang ring dan modul, Klasifikasi Derivasi, Derivasi dalam Modul, Derivasi Umum pada Ring, Derivasi Umum pada Modul, Derivasi Tinggi pada Ring dan Modul, serta aplikasinya. Pihak penyelenggara SEAMS SCHOOL 2024 berharap para peserta dapat terus mengembangkan ilmunya baik secara teoritis maupun terapan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih lagi, semua orang yang datang ke sini bisa “berbagi, belajar dan tumbuh” bersama. [Humas]

× How can I help you?