Mahasiswa Kimia Universitas Malaysia Sabah (UMS) melakukan penelitian di Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro. Hal ini dilakukan sebagai implementasi kerjasama antara UNDIP dan UMS. Dua mahasiswa Magister, yaitu Raimalynah Binti Abd Razak dalam penelitiannya dibimbing oleh Dr. Meiny Suzery, MS dengan fokus penelitian Hyptolide from Hyptis pectinata exhibit remarkable inhibition properties toward the proteolytic subunit ClpP of Plasmodium knowlesi dan Rafida Razali yang dibimbing oleh Dr. Mukhammad Asy’ari, S.Si, M.Si. dengan penelitian In Silico Interaksi Ligan dengan Protein melalui Simulasi Dinamika Molekular Menggunakan Software Gromacs 2019. Penelitian tersebut dilakukan selama sepekan yakni pada tanggal 23 hingga 31 Desember 2019.

Kerjasama yang baik antar Universitas Diponegoro dan Universitas Malaysia Sabah telah dilaksanakan sejak tahun sebelumnya. Di tahun 2018, Fakultas Sains dan Matematika (FSM), Universitas Diponegoro telah menerima empat mahasiswa Universitas Malaysia Sabah untuk mengambil 12 SKS selama satu semester di program studi S1-Kimia. Kerjasama yang baik ini direncanakan akan terus dilanjutkan. Hal ini ditandai dengan adanya rencana pengiriman mahasiswa kimia Universitas Diponegoro untuk melakukan studi atau penelitian di Universitas Malaysia Sabah pada tahun 2020 dalam waktu dekat.

Adanya kerjasama yang baik antar dua Universitas ini diharapkankan dapat meningkatkan kualitas dan menambah wawasan keilmuan, kompetensi dan kapasitas dari mahasiswa serta memberikan peluang bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian di Universitas dalam skala Internasional.